• Home Keanekaragaman Batik Tradisional
Keanekaragaman Batik Tradisional

Keanekaragaman Batik Tradisional

Banyak yang mengtahui bahwa batik hanya berada di wilayah jawa saja, termasuk jawa tengah dan jawa timur yang terkenal dengan model batik tradisional yang beragam dan menarik untuk dikenakan. Hal tersebut dikarenakan daerah tersebut pintar untuk mempromosikan batik dari daerah masing – masing. Tidak dipungkiri bahwa batik menjadi nilai lebih dimasing – masing daerah di Indonesia. Karena keindahan batik menjadi salah satu daya tarik turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Batik sebernarnya terdapat diberbagai daerah di Indonesia. Seperti halnya di Kalimantan ataupun di Papua. Motif batik meruapakan sebagai suatu ciri khas yang ada di Indonesia. Seperti contoh di kota Cirebon terkenal dengan batik trusmi ataupun batik garutan yang berasal dari Garut.

Daerah Kalimantan memiliki motif batik yang tak kala menarik. Setiap daerah Kalimantan memiliki kain batik yang khas seperti hal nya dikalimantan seletan memiliki kain batik Sasirangan ataupun di Kalimantan tengah memiliki kain batik Benang bintiknya. Motif batik Kalimantan pun bervariasi dengan warna – warna menarik sesuai dengan selera Anda. Model batik tradisional beragam seperti halnya motif batik batang garang yang memiliki arti sebagai symbol batang kehidupan dari masyarakat Dayak, ataupun motif Mandau yang merupakan senjata khas masyarakat Dayak, dan masih banyak lagi motif batik Kalimantan. Keunggulan batik Kalimantan adalah mereka berani memadukan motif batik dengan warna – warna terang dan berani seperti warna merah, hijau stabile ataupun warna orange dan masih banyak warna – warna terang lainnya.

Selain dari Dayak, kain batik khas Kalimantan terdapat pada masyarakat Banjar. Kain Sasirangan meruapakan warisan budaya yang telah turun temurun dilestarikan. model batik tradisional khas banjar ini masih menerapkan cara tradisional dalam proses pembuatannya. Setiap warna yang digunakan dalam kain ini dipercaya memiliki kekuatan magis yang tersembunyi dibali kain tersebut. biasanya dapat digunakan sebagai sarana penyembuhan oleh masyarakt Banjar. Oleh sebab itu warna yang diberikan pada kain banjar memiliki tujuan tertentu, motif dalam kain ini juga dipercaya memiliki fungsi yang berbeda dari satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *